Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Tidak ada bukti atau evidence dari Soft Brace lunak

Soft Brace tidak memiliki bukti / jurnal medis yang menyatakan hal yang positif dalam mengkoreksi scoliosis dalam masa puber. Sebaliknya justru banyak jurnal medis kesehatan yang menyatakan negatif tentang soft brace.

Kenapa? Ada beberapa alasan saya akan beberkan pada artikel saya kali ini:

1. Soft Brace sebetulnya tidak lagi relevan dalam mengkoreksi Scoliosis, karena tidak cukup kuat mendorong/mengkoreksi, ataupun tidak kuat menahan laju pertumbuhan scoliosis. Bagaimana mengetahuinya? Bisa dilihat dengan melakukan Foto Rontgen dalam kondisi memakai Softbrace tersebut, setelah Anda mendapatkan soft brace. Bila hasilnya hanya mampu mengkoreksi sedikit atau bahkan tidak sama sekali, maka Anda TIDAK BISA mengharapkan hasil yang baik setelah memakainya sekian waktu.  Lihat artikel Bagaimana Menentukan suatu brace baik atau tidak.

2. Soft brace tidak memiliki support / penopang tubuh dan pengait yang lain, selain dari tubuh Pasien itu sendiri, yang menyebabkan adanya tekanan pada tubuh dan menjadi penghalang daripada pertumbuhan anak tersebut! Logikanya, softbrace mengikat badan bagian atas dengan badan bagian bawah, bila itu terjadi bagaimana kita mengharapkan badan anak Scoliosis menjadi tegak dan bukannya melengkung? Dan bagaimana kita mengharapkan badan anak yang Scoliosis dapat terus bertumbuh ke atas dan bukannya menambah tekanan ke samping?

3. KONSEP soft brace, yang menekankan pada kenyaman, badan dapat bebas bergerak ke segala arah, dapat bebas melakukan gerakan seperti pada orang non scoliosis dan tubuh tetap dapat terkoreksi. KONSEP INI TIDAKLAH BERGUNA! Jika benar berguna, maka baju kaos oblong juga dapat mengkoreksi scoliosis. Karena seharusnya Pasien Scoliosis memang HARUS DIBATASI melakukan gerakan tertentu yang dapat menambah atau memicu perkembangan kelengkungannya. Lihat artikel Gerakan yang dilarang untuk pasien Skoliosis.

Jadi pada dasarnya, jika Anda atau anak Anda, berusia 10-14 tahun, dan memiliki scoliosis maka dengan memakai soft brace, maka kelengkungan kurva Anda akan lebih cepat bertambah daripada Anda tidak memakai apapun.

Tidak ada satupun publikasi Jurnal medis / kedokteran yang menunjukkan SoftBrace memiliki kesuksesan pada pasien puber Scoliosis. Bahkan banyak Jurnal Medis yang menentang pemakaian Soft Brace terhadap pasien Scoliosis. Klik di sini:  No evidence for soft brace

Chart Perbandingan antara Observasi dan Soft Brace.

(Chart Ini menunjukkan pasien dengan hanya diobservasi menunjukkan perkembangan Scoliosis yang lebih lambat dibandingkan yang memakai soft brace. Karena survival rate pasien yang hanya diobservasi 30%, sedangkan survival pasien memakai soft brace hanya sekitar 5%)

Perbandingan Survival rate antara Pengguna Cheneau Brace dan Soft Brace

(Data ini menunjukkan keberhasilan Brace GBW dalam mengkoreksi dan menahan laju perkembangan scoliosis jauh di atas soft brace)

Di bawah ini kita melihat beberapa contoh makalah foto rontgen sebelum dan sesudah pemakaian Soft Brace, dan kita melihat tidak ada perbedaan yang berarti, dan hanya klaim penurunan derajat karena pengukuran yang salah. Jadi mereka tidak sebagus yang diiklankan.

Tidak ada bukti kesuksesan dari Soft Brace / Brace lunak

Untuk melihat artikel medis mengenai seputar Soft Brace, silahkan lihat di sini: No evidence for soft brace.

Contoh pasien-pasien nyata yang datang ke kami dan bercerita setelah memakai Soft Brace dan bertambah parah:

  • Perempuan, 15 tahun. Telah memakai Soft brace selama 5 tahun kemudian secara rutin, kurva semakin membesar dan membentuk kurva baru pada bagian atas.
Tidak ada bukti atau evidence dari Soft Brace / Brace lunak

Ronsen Awal                      ketika Memakai Soft brace              Setelah 5 thn

 

  • Perempuan, usia 13 tahun. Telah memakai SpineCor selama 6 bulan secara rutin. Kurva semakin membesar dan rotasi yang semakin membesar membentuk rib’s hump / punuk di punggung.
Tidak ada bukti atau evidence dari Soft Brace / Brace lunak

Ronsen Awal                       Ketika Memakai Soft Brace                Setelah 6 bln

 

Oleh karena itu bila Anda ingin melihat perkembangan yang nyata, pastikan anak Anda dirontgen 6bulan sekali untuk memonitor perkembangannya secara pasti dan terukur. Lihat artikel Bagaimana Menentukan suatu brace baik atau tidak.

Mungkin anda ingin mempelajari beberapa riset atau makalah medis tentang Soft Brace silahkan download di sini.

 

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us