Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Scoliosis… Operasi, terapi rehabilitasi atau brace?

Scoliosis merupakan penyakit tulang belakang yang melengkung ke samping dan memutar / rotasi. Penyakit ini hingga saat ini belum diketahui penyebab pastinya. 85% mulai berkembang pada usia remaja. Ada yang bersifat akut, cepat sekali perkembangannya dan dalam waktu yang cukup singkat telah mengubah bentuk tulang dan postur tubuh menjadi tidak elok. Ada yang yang lebih lambat perkembangannya tetapi secara pasti terus menerus berkembang walau telah melewati masa pubernya. Ada juga yang tidak lagi berkembang setelah masa puber usai.

Apapun itu penting bagi orang tua mendeteksi dini scoliosis pada anak. (Baca:deteksi dini Scoliosis) Sehingga tidak menjadi scoliosis yang parah dan penanganannya menjadi jauh lebih sulit.

Lalu di mana kah posisi Anda? Apakah solusi yang terbaik yang bisa kita berikan kepada anak, saudara atau orang tua yang mengalami scoliosis?

Operasi? Terapi rehabilitasi? Atau Brace?

  1. Bila Anda, usia di bawah 13 tahun, dengan usia menstruasi di bawah 6 bulan. Maka pemakaian Brace GBW merupakan pilihan yang terutama. Dengan goal koreksi 50%-90% dari kelengkungan yang ada.
  2. Bila Anda, usia 14 tahun ke atas, dengan usia menstruasi di atas 18bulan. Maka pemakaian Brace GBW dan Terapi Konservatif (Seperti Fisioterapi, Osteophaty, Schroth) juga masih merupakan pilihan yang terutama. Dengan goal koreksi 10-20% dan menjaga agar tulang tidak bertambah bengkok.
  3. Bila Anda, berusia 30 tahun ke atas, dengan berbagai macam keluhan, mulai dari sakit kepala, sakit pinggang dan sesak nafas. Anda masih bisa memilih untuk terapi konservatif (seperti senam Schroth) dengan goal menghilangkan gejala, menjaga kelengkungan tulang agar tidak terus berkembang, mengembalikan fungsi gerak dan postur tubuh yang lebih tegak. Pilihan opsional dengan menggunakan brace masih bisa dilakukan.
  4. Bila Anda memiliki sudut kelengkungan di atas 60°, usia menstruasi di atas 30bulan dan terus memiliki kelengkungan yang cenderung terus bertambah. Maka Anda memiliki opsi Operasi atau bila Anda masih memilih pengobatan konservatif maka terapi dan brace masih bisa dikerjakan, tetapi dengan pengawasan yang ketat dan ‘continually’ akan perkembangan tulang belakang yang ada. Goalnya adalah menghilangkan gejala yang timbul dan menahan kelengkungan yang ada.

Silahkan menentukan pilihan pengobatan dengan resiko dan goal yang berbeda, sesuai dengan situasi dan kondisi dimana Anda, Anak atau orang tua Anda berada. Pastikan Anda tidak terlambat dan menyesal dalam melakukan pengobatan.

WhatsApp Us

Pin It on Pinterest