Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Brace GBW atau disebut Gensingen Brace merupakan brace yang sangat efektif dalam mengkoreksi Scoliosis umur 10-14 tahun. Brace ini juga masih dapat mengkoreksi penampilan bagi pasien dewasa scoliosis di atas 15 tahun.

Brace simetris ini termasuk, boston brace, Milwaukee brace, TLSO, dan lainnya yang merupakan brace rigid tetapi berbentuk sama sisi/simetris dan memberikan tekanan ke seluruh bagian tubuh yang melengkung ataupun tidak. Sehingga tidak efektif mengkoreksi secara 3D (Tiga Dimensi) dan daya koreksi jauh lebih rendah dibandingkan Gensingen brace.

Dulu kami pernah memberikan artikel: Perbedaan Gensingen Brace dengan Boston Brace. Boleh diklik dan dibaca untuk menambah pengetahuan perbedaan dari pada keduanya. Sekarang kami memaparkan lebih dalam tentang perbedaan Gensingen brace dengan brace simteris adalah:

  1. Konsep spesifik dan asimetri yang diadopsi Gensingen Brace (GBW) merupakan dari konsep Terapi Schorth yang secara spesifik mengkoreksi kurva menurut 7 Klasifikasi Scoliosis menurut Augmented Lehnert-Schroth Clasification. Sehingga ada 7 bentuk brace yang berbeda yang dimana secara sangat spesifik mengkoreksi sesuai dengan bentuk Scoliosis Anda. Sedangkan Brace simetris (boston brace, TLSO dan millwaukee) semua, memiliki bentuk yang kurang lebih sama untuk semua jenis kurva pasien. Sehingga tidak menghasilkan koreksi yang ideal.
  2. Gensingen brace (GBW), mengkoreksi secara 3D, Scoliosis Anda dikoreksi secara Frontal plane (Kelengkungan kurva), de-rotasi (mengembalikan rotasi di punggung ataupun pinggang), mengembalikan level pinggang yang seimbang, dan sagittal plane (lordosis). Brace simetris, masih manual ataupun menggunakan teknologi dari abad 19, yang lebih menekankan koreksi secara frontal plane atau koreksi kelengkungan ke samping saja. Padahal scoliosis itu 3D dan utk mengkoreksinya dan menghasilkan hasil yang terlihat di mata harus dikoreksi secara 3D (Tiga dimensi).
  3. Brace GBW tingkat keberhasilannya 95% dan terlihat di badan, selain terlihat di rontgen. Terlihat di dalam koreksi ketika menggunakan brace dan juga terlihat ketika dilepas 6bulan kemudian, hingga pemakaian minimal 2 tahun kemudian. Maka kami menampilkan data bukan hanya foto rontgen dalam menggunakan brace, tetapi juga foto rontgen dan badan pasien ketika melepas brace yang terlihat bedanya. Boston Brace dan sekelasnya, seringkali tidak mengkoreksi ataupun mengkoreksi hanya sedikit saja, sehingga seringkali membuat kelengkungan scoliosis bertambah dan menunda pengobatan.
  4. Pengerjaan dengan teknologi terkini! Brace GBW didesign menggunakan system 3D (Tiga Dimensi) yang paling muktakhir, pengerjaan carving 3D ataupun 3D printing yang juga sangat spesifik mengkoreksi kurva scoliosis yang ada. Sedangkan, Brace SImetris menggunakan tangan dan tidak standart kualitas nya antar satu brace dan lainnya. Sehingga kualitas daripada brace simetris juga berbeda beda dan menghasilkan koreksi scoliosis yang tidak ideal.
  5. Pengerjaan dan Fitting brace scoliosis dilakukan oleh multi displin ilmu, baik dokter, terapis schroth, medical devices grafik designer maupun ortotiks, tenaga medis berlisensi Schorth certified dan Brace GBW certified yang sangat mahir dan selalu memastikan hasil yang terbaik yang bisa didapatkan dari kondisi Scoliosis Anak ataupun Anda sendiri. Sedangkan Boston brace, pengerjaan dan pemasangannya hanya dilakukan oleh ortotiks, yang tidak selalu paham bagaimana prognosis daripada Scoliosis Anda ataupun Anak Anda, karena ilmu ortotiks hanya paham bagaimana memproduksi brace.
Baca Juga! :  3 Tanda Deteksi Dini Skoliosis pada Usia Kanak-kanak

 

Di bawah ini contoh pasien-pasien yang menggunakan brace simetris kemudian menggunakan brace GBW.

  1. Perempuan Usia 13 Tahun, pada awalnya memakai Brace Simetris Scoliosis dari salah satu RS di Jakarta, kemudian beralih memakai Brace Scoliosis GBW. Kurva awal 73º (atas) terkoreksi dalam pemakaian Brace GBW menjadi 20º
Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Memakai Brace Simetris selama 1 tahun, derajat bertambah 41º menjadi 73º

Kemudian Memakai Brace GBW

Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Memakai Brace GBW

Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Rontgen menunjukkan dgn brace GBW terkoreksi hingga 20º

 

  1. Perempuan Usia 12 Tahun, pada awalnya memakai Brace Simetris Scoliosis dari salah satu RS di Jakarta, kemudian beralih memakai Brace Scoliosis GBW. Kurva awal 31º (atas) terkoreksi dalam pemakaian Brace GBW menjadi -1º
Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Memakai Brace Simetris selama 1 tahun, derajat dari 21º menjadi 31º

Kemudian Memakai Brace GBW

Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Memakai Brace GBW

Perbedaan signifikan brace Scoliosis GBW dan Brace simetris

Rontgen menunjukkan Brace GBW mengkoreksi hingga -1º

 

*Semua foto pasien yang sesungguhnya, tidak direkayasa, property klinik kami dan semuanya asli.

 

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us