Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Kenapa Scoliosis harus diobati?

Scoliosis harus diobati karena beberapa hal di bawah ini:

  1. Aspek Penampilan / Kosmetik

80% penderita Skoliosis adalah perempuan. Dan perempuan ingin cantik, dengan adanya scoliosis, tentu badan akan terlihat miring, dada tidak rata, dan punggung menonjol. Ini tentu akan menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan.

  1. Aspek Sosial / Minder

Penderita Scoliosis seringkali lebih merasa minder dan tidak percaya diri karena mendapati dirinya ‘berbeda’ dengan yang lainnya. Padahal hal ini bukan karena kesalahannya sendiri dan mereka tidak sendirian. Penderita scoliosis ada sekitar 3-5% dari total populasi penduduk.

  1. Pergerakan Tulang Belakang yang terbatas.

Scoliosis adalah kelainan tulang belakang yang memutar dan membengkok ke samping. Bila ini semakin besar maka akan menyebabkan pergerakan yang terbatas. Dan anak akan cenderung melakukan hal – hal atau kebiasaan posisi (belajar, duduk, berdiri, berjalan) miring yang dimana dia merasa nyaman, kebiasaan ini akan membuat scoliosis tersebut semakin membengkok dan memutar. Oleh karena itu harus belajar bagaimana melawannya.

  1. Menurunnya fungsi organ vital (spt: paru-paru).
Baca Juga! :  Perbedaan antara Boston Brace dengan Brace GBW Pasien Scoliosis

Scoliosis akan menyebabkan volume rongga dada menjadi menurun, karena tertekan oleh tulang rusuk dan tulang belakang yang bengkok. Sehingga kapasitas vital paru-paru pun bisa menurun. Maka bisa timbul sesak, mudah lelah dan jantung berdebar.

  1. Adanya rasa nyeri atau sakit

Sebagian besar scoliosis tidak mempunyai gejala, tetapi bila sudah cukup besar kelengkungan dan umurnya maka bisa menyebabkan pegal di sejumlah area tertentu, seperti punggung, leher, pinggang dan sakit kepala sebelah / migraine.

Oleh karena itu Skoliosis harus diobati! Skoliosis bisa direhabilitasi (Latihan Schroth dan kebiasaan yang baik) dan bila dimulai dari umur 10-14 tahun dengan menggunakan brace GBW maka kesempatan untuk sembuh sangat besar!

Di bawah ini contoh Pasien kami,

Perempuan 13 tahun, dengan kurva Cobb’s 44° dikoreksi dengan brace GBW hingga menjadi 10°.

Kenapa Scoliosis harus diobati?

          Ronsen Awal                         Ronsen In Brace

 Search … Kenapa Scoliosis harus diobati?

*Semua foto pasien yang sesungguhnya, tidak direkayasa, property klinik kami dan semuanya asli.

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us