Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Skoliosis pada Anak kecil (Infantile Idiophatic Scoliosis)

Scoliosis bisa berkembang dimulai dari anak usia 3 tahun. Sangat diperlukan pengobatan yang tepat, guna menghindarkan dia dari operasi dan konsekuensi yang lebih buruk.

Penting orang tua mengamati tumbuh kembang anaknya, karena pada fase pertumbuhan, anak seringkali tidak mengalami rasa sakit atau terganggu. Bahkan seringkali mereka tidak menyadari kalo postur badan mereka miring, bungkuk dan kebiasaan duduk, posisi belajar dan berdiri anak Anda memperburuk semua itu. Tapi kebiasaan buruk bukanlah penyebab dari skoliosis. Anda bisa melihat – Apa itu skoliosis?

Pada usia berapakah masa rawan itu?

Pada usia 0-6 tahun pada anak kecil, dan usia 10-13 tahun (tergantung juga pada usia menstruasi / perubahan suara) pada usia remaja / puber, merupakan fase pertumbuhan tulang belakang yang sangat cepat (pertumbuhan badan – body length). Pada umur ini kita melihat tinggi badan anak kita berkembang dengan sangat cepat. Sehingga seringkali para ibu akan membelikan ukuran baju yang lebih besar dari yang ukuran badan anaknya, agar bisa dipakai lebih lama.

Pada fase-fase umur ini, sangat diperlukan perhatian orang tua dalam mengamati kesehatan tulang belakang anaknya. Bila ada asimetri atau ketidak seimbangan antara kiri dan kanan agar segera melakukan pemeriksaan ke dokter, lakukan foto rontgen dan pilihlah pengobatan yang tepat, guna menghindari operasi.

growthspurttable

Di bawah ini pemakaian Brace GBW pada pasien anak usia 3 tahun, yang mencapai koreksi hingga 60% dalam pemakaian brace GBW.

001OYEDYgy70ocI0e3Q66&690 001OYEDYgy70ocHrNMBe1&690

Di bawah ini, Pasien Anak kecil usia 4 tahun, yang mengunakan brace GBW di Indonesia. Pada awalnya menangis, tetapi 2minggu kemudian, berlari-lari dalam kondisi memakai brace dan tidak merasakan sakit. Koreksi hingga 70%.

IMG_3890

Kurva 28° sebelum pakai brace

IMG_3796

Turun hingga 5° dalam brace

 

 

 

 

 

 

 

 

Skoliosis pada anak kecil / balita bisa diobati, asal dari dini dideteksi dan pengobatan tepat dengan brace GBW dan pengawasan berkala. Pada umur 7 tahun bisa belajar Program Schroth, Fisiologic tubuh dan Aktifitas Hidup Sehari-hari yang benar (seperti cara duduk, berjalan, berdiri, posisi belajar, dll)

Sebagai orang tua, pastikan pengobatan Anak Anda tidak terlambat dan kesembuhan ada di dalam genggaman tangan anda.

Pin It on Pinterest

WhatsApp Us