Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Bagaimana seharusnya melihat Brace Scoliosis GBW?

Bagi pasien Scoliosis untuk mengetahui dan menerima dirinya mempunyai scoliosis saja itu sudah suatu perjuangan tertentu bagi anak tersebut, apalagi harus menerima kenyataan harus memakai brace setiap hari. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dengan orang tua di rumah agar pengobatan brace berhasil dengan baik.

Kerjasama seperti apa? Sebelumnya, punyai dulu pengetahuan yang cukup tentang scoliosis dan hubungan yang baik dengan sang Anak. Ini suatu PR / pekerjaan rumah yang sangat penting bagi orang tua.

Bagaimana seharusnya melihat Brace Scoliosis GBW?

Bagaimana seharusnya melihat Brace Scoliosis GBW?

Ketahuilah, Scoliosis itu adalah kelainan tulang belakang ketika masa pertumbuhan. Ini bukan kesalahan sang Anak ataupun orang tua. Walaupun secara survey memang ada 60% mengatakan faktor keturunan, 40% lainnya mengatakan tidak ada faktor keturunan sebagai penyebabnya. Jadi karena ini ada ketika masa pertumbuhan, maka jangan heran bila waktu kecil tidak ada, kecuali Scoliosis infantile (jenis scoliosis sejak balita). Nah karena ini muncul ketika usia menstruasi maka seringkali tidak terdeteksi dimana remaja sudah mandi sendiri dan punya privasi sendiri.

Tetapi kabar baiknya adalah, scoliosis bisa diringankan, bahkan pada usia 10-12 tahun bisa disembuhkan. Pemakaian minimum hingga selesai usia puber menjadi tantangan dan PR tersendiri. Tetapi sisi positifnya adalah Brace cuma sementara dan selanjutnya setelah lepas brace maka anak atau pasien scoliosis kondisinya stabil dan tidak lagi berkembang.

Oleh karena itu kalo ada titik terang bahwa Brace bisa mengobati Scoliosis, maka orang tua atau pasien selanjutnya harus mengetahui dan mengerti bagaimana memandang atau melihat Brace GBW ini:

  1. Brace GBW itu sementara

Pemakaian minimal 2 tahun atau hingga selesai masa puber.

  1. Harus melewati masa penyesuaian

Rasa tidak nyaman 1-2 minggu di awal, setelah ini berlalu maka akan terbiasa dan nyaman ketika memakai. Bahkan terasa tidak nyaman bila melepas brace. Dan pemakaian harus selama 22 jam setiap hari.

  1. Brace bisa menyebabkan lecet di kulit.

Oleh karena itu orang tua harus memperhatikan kesehatan kulit anak. Jaga kelembaban kulit dengan minyak zaitun agar tidak mudah luka ataupun lecet. Siap mengganti baju dalam (singlet tipis) yang dikenakan sebelum mengenakan brace. Sediakan minimal 6 stel singlet tipis yang berbahan katun dan mudah menyerap keringat. Dengan berganti singlet ketika berkeringat maka mencegah bakteri berkembang, sehingga sanitasi kulit terjaga. Setelah dilepasnya brace maka lecet tersebut akan hilang dengan sendirinya. Bila ada penyakit kulit bisa dikonsultasikan dengan dokter kulit.

  1. Pemakaian Brace GBW

Sejak usia 10-13 tahun,mengkoreksi secara masif, nanti terlihat di hasil X-ray ketika memakai brace dan waktu Pemakaian 22 jam setiap hari SANGAT menentukan hasil akhir.

  1. Brace GBW bisa dipakai di dalam baju sekolah.

Sebelum memakai brace, memerlukan pemakaian baju dalam tipis atau singlet berlengan pendek. Pemakaian singlet ini agar dapat menyerap keringat sang anak dan menghindari luka pada tubuh. Baru pemakaian baju sekolah di luar.

Bagaimana seharusnya melihat Brace Scoliosis GBW?

Dengan mempunyai pengetahuan yang benar dan tepat, maka pengobatan dengan Brace GBW menjadi lebih baik dan mudah dikerjakan, sehingga hasilnya pun akan terasa lebih baik. Dukung terus anak Anda, karena keberhasilan Anak Anda merupakan kebanggan Anda juga sebagai orang tua. Dan orang tua harus lebih kuat daripada sang anak, karena mereka mencontoh dari orang tua.

Baca: Bagaimana mendukung Anak memakai Brace Scoliosis GBW?

WhatsApp Us

Pin It on Pinterest