Telp (021) 568 4770 & WhatsApp : 0856 114 7133 info@kliniktulangbelakang.com

Apa yang harus diperhatikan dalam aktivitas hidup sehari-hari Scolioser?

Bila kamu seorang pasien scoliosis, kamu harus mengetahui Pola Kurva kamu dan Bagaimana bersikap dalam kehidupan sehari-hari.  Tidak lagi bisa sembarangan duduk menekuk ataupun bertumpu pada posisi yang salah. Karena bila demikian, kamu bisa memperparah kelainan tulang belakang kamu, yang sudah melengkung dan memutar tersebut.

Ya bila kamu scoliosis, kamu tidak bisa sembarangan lagi beraktivitas, tidak bisa lagi sembarangan mengambil posisi duduk atau berdiri miring dengan sembarangan. Bila kamu memakai brace GBW, maka tubuh kamu akan dikondisikan dalam posisi yang benar. Dan Soft Brace, secara konsep saja sudah salah, karena mempunyai konsep pasien scoliosis dengan soft brace, gerakannya tidak terbatas… Jadi Apa bedanya, memakai dengan tidak memakai soft brace? JADI INI TIDAK BENAR. Pasien Skoliosis memang dilarang untuk melakukan gerakan atau aktivitas tertentu. Jadi Brace yang benar adalah membatasi tubuh atau menghindari kita melakukan posisi yang salah.

Bila kamu positif scoliosis, maka tidak lagi diperbolehkan untuk mengangkat berat, tidak boleh olah raga dengan high impact (dibanting, kontak fisik,dll), tidak boleh membungkuk terlalu lama dan menekuk ke arah yang salah. Bisa lihat di gerakan yang dilarang bila kamu scoliosis.

Nah bagaimana mengetahui melakukan gerakan yang benar untuk badan kamu? Untuk itu perlu diketahui terlebih dahulu seperti apa pola kurva tubuh kamu. Datang ke klinik kami, untuk diperiksa dan dilakukan profiling mengenai tubuh dan tulang kamu. Baru sesuai dengan pola kurva itu akan diajarkan bagaimana bersikap dalam kehidupan sehari hari (Activity Daily Living – ADL). Yaitu bagaimana cara duduk, berdiri, dan berjalan yang benar dalam kehidupan sehari hari. Latihan Schroth inipun akan disesuaikan dengan pola kurva / profiling tubuh kamu. Lihat Skoliosis ada 7 pola kurva

Sebagai contoh, di bawah ini akan diberikan posisi badan yang salah dan benar untuk pola kurva tertentu. Kita lihat bagaimana jika badan kita bersandar pada sisi yang benar badan akan menjadi lurus, terkoreksi, dan otot seimbang di kedua sisinya. Dan bila salah, maka otot akan terlihat menciut sebelah, lengkungan semakin parah dan ini harus menjadi perhatian kita bersama.

Aktivitas Hidup sehari-hari Scolioser

Yang kedua, ini pola kurva yang berbeda lagi, di sini kamu akan diajarkan bagaimana posisi ketika berdiri dan duduk santai, bagaimana kita menentukan kaki sisi bagian mana yang harus ditekuk, mana yang tidak boleh, dan ke arah mana tulang atau tubuh kita terkoreksi menjadi lurus.

Aktivitas Hidup sehari-hari Scolioser

Dengan kamu belajar hal-hal yang simple saja dalam kehidupan sehari-hari maka scoliosis kamu tidak lagi bertambah beban traumanya. Dan ini mengurangi laju pertumbuhan scoliosis yang pesat. Ditambah dengan latihan Schroth dan Brace GBW maka pengobatan menjadi lebih terpadu dan baik.

WhatsApp Us

Pin It on Pinterest